Sunday, April 27, 2014

Teori dan Hipotesis penelitian “Does salary affect the choice of residency in non-university teaching hospitals? A panel analysis of Japan Residency Matching Programme Data”

Teori yang berkaitan dengan penelitian :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaji berpengaruh terhadap keputusan dokter residensi dalam memilih rumah sakit pendidikan non universitas. Dari hasil penelitian diketahui sebenarnya gaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dokter residensi dalam menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan rumah sakit sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi motivasi dari dokter residensi. Salah satu faktornya adalah ketersediaan dokter pengajar.

Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup.

Teori Motivasi Herzberg (1966)
Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktor higiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan, yang termasuk didalamnya adalah achievement, pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dsb (faktor intrinsik).

Hipotesis Penelitian :
Dari latar belakang dan tujuan penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis adalah :
Ho       : Gaji tidak berpengaruh terhadap keputusan dokter residensi dalam memilih rumah sakit non universitas
Ha       : Gaji berpengaruh terhadap keputusan dokter residensi dalam memilih rumah sakit non universitas

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan gaji/penghasilan berpengaruh positive dan signifikan terhadap keputusan dokter residensi dalam memilih rumah sakit non universitas. Kondisi gaji dalam program residensi dapat dijadikan taktik oleh rumah sakit untuk menarik dokter residensi. Namun selain gaji faktor ketersediaan dokter pengajar pada rumah sakit juga menjadi pertimbangan dokter residensi dalam menentukan pilihan. Pengaruh gaji akan menjadi rendah apabila ketersediaan dokter pengajar besar.

Oleh : I B M Putra Mahendra (13/357/PKU/14105)

No comments: