Sunday, April 20, 2014

Human Resources for Health in Southeast Asia Phortages, Distributional Challenges, and International in Health Services.

1.     Judul Artilkel : Human Resources for Health in Southeast Asia Phortages, Distributional Challenges, and  International in Health Services.
2.     Saya merasa tertarik dengan artikel tersebut diatas  karena :
-        Membahas masalah kekurangan tenaga kesehatan serta masalah distribusi dari daerah perdesaan sampai daerah perkotaan di Negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.
-        Salah satu ciri khas dari Negara di Asia tenggara ini adalah Keterlibatannya dalam internasional perdagangan jasa kesehatan. Petugas kesehatan impor Singapura dan Malaysia untuk memenuhi permintaan domestik dan untuk menyediakan layanan untuk pasien internasional.
-        Menariknya lagi di artikel ini disebutkan bahwa Negara kita adalah ekspotir tenaga dokter dan perawat tapi kenyataannya dinegara kita saja masih banyak di daerah-daerah terpencil perbatasan dan kepulauan yang kekurangan tenaga dokter dan perawat tetapi mengapa Negara kita malah mengeskpor tenaga kesehatan tersebut keluar negeri, apakah kebijakan ini perlu dikaji ulang.
-        Kita bicara mengenai kualitas dan performance tenaga kesehatan di Indonesia yang masih rendah kalau kita bicara mengenai ekspor tenaga kesehatan untuk dokter dan perawat berarti kita berbicara mengenai kualitas dan performance dimana tenaga kesehatan yang lulus untuk dikirim keluar negeri adalah yg memenuhi standar luar negeri,berarti kita mengirimkan putra-putri terbaik bangsa ini untuk bekerja dan berkontribusi di luar negeri,kapan pelayanan kesehatan di Indonesia ini akan maju kalo hal ini dibiarkan.
3.     Dalam artikel ini ada beberapa orang peneliti yaitu :
-        Churnrurtai Kanchanachitra,
-        Magnus indelow,
-        Timothy Johnston,
-        Piya Hanvoravongchai,
-     Fely Marilyn Lorenzo,
-     Nguyen LanHuong,
-     Siswanto Agus Wilopo,
-     Jennifer Frances dela Rosa
Saya menyukai artikel ini karena isinya yang menarik buat saya bahas dan karena para penelitinya adalah orang Asia Tenggara yang mengerti akan keunikan dan permasalahan diNegaranya sendiri dan mewakili permasalahan yang ada di Indonesia karena salah satu penelitinya adalah orang Indonesia dan merupakan dosen di UGM (Siswanto Agus Wilopo) yang mengerti akan permasalahan SDM Kesehatan di Indonesia.

4.     Menurut saya alasan mereka membuat penelitian ini karena beberapa alasan, antara lain:
-        Kekurangan tenaga kesehatan di Negara Asia Tenggara dari dulu sampai sekarang belum juga teratasi.
-        Adanya impor tenaga kesehatan ke Singapura dan Malaysia mengapa ??
-        Bagaimana untuk menyeimbangkan peluang ekonomi terkait dengan perdagangan jasa kesehatan dengan kebutuhan kesehatan dalam negeri dan masalah ekuitas.
-        Banyak faktor yang berkontribusi terhadap distribusi yang tidak merata tenaga kesehatan termasuk distribusi infrastruktur fasilitas kesehatan , kerja yang buruk dan hidup kondisi di daerah pedesaan , dan konsentrasi peluang penghasilan - penghasilan (misalnya sekunder kerja) di daerah perkotaan dan lebih makmur. Oleh karena itu, khususnya para dokter dan perawat di Indonesia enggan pindah untuk bekerja di daerah terpencil atau pulau-pulau terisolasi dibeberapa kasus karena keengganan untuk menjadi lokal employees. Dan menurut saya ini sangat janggal karena dari dulu sampai sekarang permasalahan ini belum juga teratasi juga.


NAMA                 : INDAH PURNAMA
       NIM                     : 13/354334/PKU/13875                   
       PEMINATAN    : SDMK                                  




6th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering. Yogyakarta 7-8 October 2014, http://icitee2014.te.ugm.ac.id. Indexed by IEEEXplore.

No comments: