Wednesday, April 2, 2014

Placement, support, and retention of health professionals: national, cross-sectional findings from medical and dental community service officers in South Africa

  • alasan ketertarikan : pada konteks isu MSDM yang diambil yaitu masalah pemerataan distribusi pelayanan kesehatan dengan program pelayanan masyarakat selama 1 tahun di rural area dan wilayah yang kurang terlayani, bagi tenaga kesehatan profesional.
  • peneliti : seorang calon Phd dari Universitas Witwatersrand, Johannesburg, South Africa yang sebelumnya bekerja di Universitas California San Fransisco.
  • alasan penelitian dilakukan : Meskipun program Pelayanan Masyarakat (Community Service Program) di Afsel telah dilaksanakan sejak tahun 1998 tetapi informasi tentang bagaimana proses penempatannya, dukungan yang diberikan dilapangan dan bagaimana program ini mempengaruhi retensi tenaga kesehatan di rural area dan yang kurang terlayani, masih kurang.
  • Kejanggalan yang terjadi : banyak tenaga kesehatan yang bersedia mengikuti program ini tetapi jarang yang bertahan lama tinggal di wilayah kerjanya. Untuk mengetahui seberapa efektif program ini dalam upaya untuk meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan dan peningkatan kompetensi tenaga kesehatan.    


Program inkubasi techno-preneur di UGM. Build Your Dream! http://innovative.ugm.ac.id

1 comment:

Unknown said...

indah karyani
NIM 13/357535/PKU/14122