Wednesday, April 2, 2014

Not enough there, too many here: understanding geographical imbalances in the distribution of the health workforce

Profil Penulis :
1.  Gilles Dussault adalah Profesor di Institute of Hygiene dan Tropical Medicine (IHMT, Lisbon, Portugal) dan Koordinator WHO Collaborating Centre Kebijakan Tenaga Kerja Kesehatan dan Perencanaan. Sebelum bergabung IHMT pada bulan Agustus 2006, ia bekerja sebagai Senior Specialist Kesehatan di World Bank Institute. Antara tahun 1985 dan 2000, ia adalah Profesor dan Direktur Departemen Administrasi Kesehatan, University of Montreal. Dia telah bekerja terutama pada topik yang terkait dengan regulasi dan manajemen tenaga kerja kesehatan. Dia adalah penulis atau co-penulis 12 buku dan monograf, dan lebih dari 80 artikel dalam jurnal peer-review dan profesional.
2.      Maria Cristina Franceschini adalah Konsultan, Pan American Health Organization, Washington, DC, USA

Penelitian ini berfokus pada dimensi geografis akses dan di salah satu penentu kritis: ketersediaan pegawai yang berkualitas yang mengkaji literatur terbaru tentang determinan, hambatan dan dampak dari strategi yang berusaha untuk memperbaiki ketidakseimbangan geografis, dengan fokus pada studi empiris dari negara berkembang dan negara maju. Dua pendekatan utama yang telah diidentifikasi untuk distribusi geografis dari tenaga kesehatan adalah ekonomi dan normatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menawarkan pemahaman yang lebih baik dari faktor-faktor penentu ketidakseimbangan geografis dalam distribusi tenaga kesehatan, dan untuk mengidentifikasi dan menilai strategi yang dikembangkan untuk perbaikan.
Alasan peneliti melakukan penelitian ini adalah distribusi tenaga kesehatan yang tidak seimbang antara dan di dalam negara adalah masalah seluruh dunia, berlangsung lama dan serius. 
Ketertarikan saya  dengan penelitian ini karena Indonesia yang luas dan medan yang sulit memunculkan kendala besar bagi pelayanan kesehatan dan distribusi yang seimbang dari tenaga kesehatan. Dokter dan perawat yang enggan untuk pindah ke pulau-pulau terpencil dan lokasi hutan yang menawarkan komunikasi yang buruk dengan seluruh negara dan beberapa fasilitas bagi para profesional kesehatan dan keluarga mereka.
Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa dari sudut pandang ekonomi, distribusi tenaga kesehatan adalah fungsi dari pasar tenaga kerja kesehatan. Ketidakseimbangan muncul ketika ada ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan tenaga kerja di daerah geografis tertentu. Dari perspektif ini, sebagai upah riil meningkat, profesional kesehatan yang lebih akan bersedia untuk dipekerjakan dan lebih banyak orang akan memasuki profesi kesehatan, terkemuka, dalam jangka panjang, untuk keseimbangan baru dan distribusi yang lebih seimbang profesional kesehatan. Teori ini memprediksi bahwa ketidakseimbangan tenaga kesehatan dapat dicegah dengan membentuk pasar tenaga kerja yang kompetitif.
Namun, telah terbukti bahwa ekonomi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan seorang profesional kesehatan ke mana untuk mencari / praktek nyaProfesional, faktor pribadi, pendidikan dan sosial / berkaitan dengan gaya hidup dapat sangat mempengaruhi keputusan yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal ini juga telah menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja kesehatan bukanlah pasar yang kompetitif, karena biasanya ada peraturan entri substansial, asimetri informasi dan kegagalan pasar lainnya.

Pendekatan normatif mendefinisikan ketidakseimbangan dalam hal perbandingan kepadatan staf tertentu dengan beberapa norma standar atau sosialHal ini menyebabkan menekankan peran perencanaan dalam mencapai distribusi yang seimbang sumber daya manusia untuk kesehatan (HRH).
Sementara pandangan normatif berfokus pada kebutuhan dan pasokan sisi pasar tenaga kerja kesehatan, pandangan ekonomi menangani permintaan dan keuangan insentif yang diperlukan sehingga permintaan yang akan cocok dengan pasokan.
Sementara pendekatan lainnya yang mempengaruhi ketidakseimbangan distribusi tenaga kesehatan adalah hasil dari campuran keputusan oleh individu, masyarakat dan pemerintah, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh, profesional, faktor organisasi, ekonomi, politik dan budaya pribadi. Ketidakadilan desa-kota, sistem pendidikan kedokteran yang tidak memadai, migrasi, brain drain publik-untuk-swasta dan insentif pembayaran yang tidak memadai.
Faktor-faktor ini sering saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain dalam banyak hal.
Hasil Penelitian yaitu mengenai langkah-langkah untuk mengatasi ketidakseimbangan geografis adalah (1) Reformasi pendidikan (2) Penggunaan tenaga kesehatan masyarakat dan kader petugas kesehatan (3) Perekrutan dan pelatihan Pedesaan (4) Integrasi pelatihan, pendidikan dan layanan (5) Langkah-langkah pengaturan dan administrasi (6) Insentif keuangan dan profesional (7) Kebijakan nasional yang lebih baik dan perjanjian internasional.

2 comments:

Pak Mub said...

Jadi penelitian ini atau tulisan itu membuktikan apa?

Unknown said...

Terima kasih pak. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan ekonomi dan normatif mempengaruhi pendistribusian tenaga kerja kesehatan pada keadaan ketidakseimbangan geografis.

Nama : Nurindah
NIM : 13/357401/PKU/14104