Wednesday, April 2, 2014

Right time, right place: improving access to health service through effective retention and distribution of health workers

Right time, right place: improving access to health service through effective retention and distribution of health workers


James Buchan12*

  • * Corresponding author: James Buchan 


1 Health Workforce Australia, Adelaide, Australia

2 Human Resources for Health (Ph.D)
Pendidikan :
1. School of Health di Queen Margaret University.
2. Associate at the WHO European Observatory on Health Systems
3. Adjunct Professor at the University of Technology, Sydney, Australia.

Keahlian :
Profesor Buchan memiliki lebih dari dua puluh tahun pengalaman praktek, penelitian kebijakan dan konsultasi SDM dan tenaga kerja strategi dan perencanaan di bidang kesehatan. Ia telah bekerja di seluruh Inggris, dan juga memiliki pengalaman kerja internasional di berbagai negara di Eropa, Afrika, Asia dan Amerika.

Pada tahun 2000/01, ia diperbantukan untuk bekerja pada isu-isu HR di WHO. Dia juga bekerja di Amerika Serikat sebagai Harkness Fellow di University of Pennsylvania.

Alasan saya tertarik dengan artikel ini adalah :
1. Right time dan right place tanpa disadari menjadi suatu masalah yang kompleks bagi SDM kesehatan. Kesalahan dan ketidakjelian pada tahap HRH Planing yaitu tahap penempatan sdm kesehatan pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat sering kali terjadi di lingkungan kerja kita. padahal jika kita benar - benar memperhatikan tahapan ini, akan berdampak pada peningkatan akses pelayanan kesahatan melalui retensi dan distribusi tenaga kesehatan yang efektif.
2. retensi dan distribusi tenaga kesehatan saat ini menjadi sorotan terutama di daerah terpencil. Dan sampai saat ini belum ditemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan adanya artikel ini, membawa suatu wawasan baru mengenai hal – hal yang berpengaruh dibalik retensi dan distribusi tenaga kesehatan yang efektif.


Penelitian ini menarik dari studi di berbagai negara dan memberikan wawasan baru apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan akses terhadap kesehatan melalui kebijakan sumber daya manusia yang lebih efektif , perencanaan dan manajemen . Fokus utama adalah pada distribusi tenaga kesehatan dan retensi .

Retensi dan distribusi tenaga kesehatan yang efektif , keduanya menjadi sorotan di sebagian besar negara , termasuk Australia .Adanya pengakuan bahwa tenaga kesehatan merupakan aspek penting untuk mencapai pelayanan kesehatan yang efektif , terutama di daerah pedesaan dan terpencil dapat menstimulasi tenaga kerja kesehatan untuk berkontribusi dan memberikan hasil yang lebih baik . Retensi dan distribusi kebijakan harus selaras dengan mengubah profil tenaga kesehatan , serta dengan prioritas sistem kesehatan , dan akan terus dikaji secara periodik untuk menilai dampaknya , dengan keterampilan yang tepat - ' pada waktu yang tepat , di tempat yang tepat ' dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Tujuan penelitian adalah untuk melaporkan analisis baru ( ada alasan yang tidak memuaskan ) , intelijen strategis , dan bukti yang menunjuk ke peningkatan retensi dan distribusi tenaga kesehatan di seluruh dunia . selain itu penelitian ini akan memberikan wawasan baru bagi para praktisi , pembuat kebijakan dan analis yang memiliki tanggung jawab atau kepentingan dalam apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan akses terhadap kesehatan melalui kebijakan sumber daya manusia yang lebih efektif , perencanaan dan manajemen .


Nama : Yunita Fransiska
NIM : 13/357468/PKU/14115


No comments: