Wednesday, April 2, 2014

Attraction, recruitment and distribution of health professionals in rural and remote Australia: early results of the Rural Health Professionals Program

Alasan:
Saya tertarik dengan artikel ini karena berhubungan dengan perekrutan dan distribusi tenaga kesehatan di daerah pedesaan dan terpencil guna mengatasi masalah akses terhadap pelayanan kesehatan. Hal ini juga masih menjadi masalah di Indonesia dimana akses terhadap pelayanan kesehatan di derah pedesaan dan terpencil lebih sulit dan salah satu faktornya adalah tenaga kesehatan yang kurang. Dengan membaca artikel ini diharapkan bisa mengambil pelajaran untuk dijadikan contoh yang bisa diterapkan di Indonesia.

Latar belakang pendidikan peneliti :
Tidak terdeteksi tetapi yang jelas mereka anggota dari health workforce australia

Latar belakang penelitian:
Merupakan evaluasi awal adanya program Rural Health Professionals Program untuk memberikan gambaran tentang faktor yang berhubungan dengan perekrutan dan distribusi tenaga kesehatan di daerah pedesaan dan terpencil Australia.
Hasil:
Hasil penelitian ini menyatakan efektivitas intervensi meningkatkan distribusi tenaga kesehatan. Sementara ini memberikan beberapa indikasi awal bahwa program rekrutmen dan retensi tenaga kesehatan berhasil memiliki kapasitas untuk meningkatkan distribusi. Penelitian lebih lanjut dan evaluasi diperlukan untuk mengkonfirmasi dampak program terhadap retensi.

Oleh : Khusnunah Harkanti
NIM  : 13/357949/PKU/14199

No comments: