Wednesday, April 2, 2014

A framework for outcome-level evaluation of in-service training of health care workers

Dr. Gabrielle O’Malley

Pendidikan :
PhD (University of Washington)
MA (Johns Hopkins University)
BA (Smith College)

Keahlian :
Evaluasi program, penelitian formatif, metode kualitatif, antropologi medis, gender, pembangunan ekonomi, analisis jaringan dan sistem kesehatan.

Unit Kerja :
Direktur Operasional bidang Penelitian dan Pengembangan Mutu pada International Training & Education Center for Health (I-TECH).


In-service training merupakan salah satu pendekatan strategis untuk mengatasi kekurangan petugas kesehatan di banyak negara. Pelatihan bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat meningkatkan kinerja tenaga kesehatan. Namun, masih belum ada bukti yang mengaitkan kontribusi pelatihan petugas kesehatan ini dalam meningkatkan derajat kesehatan secara langsung di masyarakat.

Maksud penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu kerangka evaluasi pelatihan yang tidak hanya berfokus pada output (evaluasi terhadap peserta pelatihan) tetapi juga berfokus pada hasil (meliputi kinerja di organisasi hingga hasil yang dirasakan langsung di masyarakat). Alasan peneliti melakukan penelitian ini adalah karena belum adanya bukti atau hubungan yang menjelaskan secara langsung mengenai manfaat pelatihan kesehatan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Kerangka yang dihasilkan mencakup sembilan jenis hasil yang bisa dievaluasi, yang dibagi dalam tiga tingkat: individu, organisasi dan sistem kesehatan/populasi. Jenis hasil yang dievaluasi adalah: (1) pengetahuan individu, sikap dan keterampilan, (2) kinerja individu, (3) kesehatan pasien individu, (4) sistem organisasi, (5) kinerja organisasi, (6) kesehatan pasien tingkat organisasi; (7) sistem kesehatan; (8) kinerja tingkat populasi, dan (9) kesehatan tingkat populasi.

--
Dellon Wijaya
NIM. 13/357731/PKU/14163
HP. 0819 429 0528
Pin BB: 26932551

No comments: