Wednesday, April 2, 2014

An evaluation of the global network of field epidemiology and laboratory training programmes: a resource for improving public health capacity and increasing the number of public health professionals worldwide

1.      Peneliti : Renee E Subramanian
2.  Tempat Bekerja : The Task Force for Global Health Inc, TEPHINET Program, USA
3.      Alasan saya tertarik dengan judul penelitian tersebut :
a.       Karena sesuai dengan bidang pekerjaan saya sekarang, di bagian Seksi Pengendalian Mutu Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang.
b.      Salah satu TUPOKSI dari seksi Pengendalian Mutu adalah melaksanakan Evaluasi Paska Pelatihan (EPP) yang bertujuan untuk mengetahui seberapa manfaatnya pelatihan tersebut terhadap individu, tim atau organisasinya dan untuk memberikan umpan balik pada proses perbaikan dan penyempurnaan program pelatihan selanjutnya.
4.      Alasan peneliti membuat penelitian itu adalah :
a.      Penyakit infeksi menular masih menjadi endemis di beberapa Negara di dunia. Oleh karena itu sangat dibutuhkan tenaga kesehatan masyarakat yang profesional untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Salah satu pelatihan yang dilaksanakan oleh donor internasional adalah epidemiology training programmes (FETPs) . Tetapi kenyataan dilapangan, penyakit infeksi menular belum menunjukkan penurunan secara signifikan di banyak Negara yang berdampak pada penguatan kapasitas kesehatan masyarakat global.
b.      Berdasar permasalahan tersebut maka organisasi internasional yang bernama Training Program in Epidemiology and Public Health Interventions Network (TEPHINET) ingin mengadakan evaluasi terhadap mantan peserta pelatihan FETPs. Adapun misi TEPHINET adalah untuk memperkuat kapasitas kesehatan masyarakat global dengan cara mendukung para tenaga kesehatan masyarakat professional dalam bidang epidemiologi melalui pelatihan.  Dimana evaluasi ini dimaksudkan untuk melihat seberapa efektif pelaksanaan program pelatihan tersebut terhadap peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat secara global dan peningkatkan jumlah tenaga kesehatan masyarakat yang terlatih di seluruh dunia. Adapun hal – hal yang dievaluasi meliputi : unsur-unsur umum dari kurikulum pelatihan , kegiatan utama dan prestasi mantan peserta pelatihan FETP , termasuk kemampuan untuk melaksanakan kegiatan di berbagai  konferensi ilmiah , dan aktivitas jaringan global untuk meningkatkan kualitas pelatihan .

Oleh    : Ajeng Choirin
NIM    :13/357327/PKU/14094

2 comments:

Pak Mub said...

Jadi ia membuktikan apa?

Unknown said...

Terima kasih sebelumnya atas tanggapan Bapak. Dari Artikel diatas ,yang ingin dibuktikan adalah seberapa efektif pelaksanaan program
pelatihan FETPs tersebut terhadap peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat secara global dan peningkatkan jumlah tenaga kesehatan masyarakat yang terlatih di seluruh dunia.