Monday, April 28, 2014

PERENCANAAN BERBASIS BUKTI DIPERLUKAN DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN TENAGA KERJA KESEHATAN

Tantangan terhadap kesehatan dimasa yang akan datang semakin meningkat. Tidak hanya dari permasalahan kesehatan itu sendiri, infrastruktur, dan tekhnologi tapi juga masalah ketersediaan tenaga kesehatan. Di beberapa negara ketersediaan tenaga kerja kesehatan merupakan masalah yang cukup besar. Terutama negara- negara yang ketersediaan tenaga kesehatannya bergantung pada  perekrutan internasional. Negara yang kondisinya seperti ini haruslah pandai dan tegas dalam menyikapi tantangan yang dihadapi berkaitan dengan ketersediaan tenaga kerja kesehatan, karena tidak bisa menyediakan tenaga kerja kesehatan sendiri sedangkan tantangan semakin besar. Maka sudah seharusnya pemerintah sebagai pengambil kebijakan mencari jalan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi hal ini harus didasari dengan bukti tentang ketersediaan tenaga kerja kesehatan pada saat ini, hal ini dimaksudkan agar mudah memperoleh proyeksi tentang kebutuhan tenaga kesehatan masa datang. Bukti yang ada dilapangan tentang ketersediaan tenaga kerja ini maka pengambilan kebijakan harus didasarkan pada hal tersebut. Ini sebagai langkah utama pengembangan semua kebijakan yang harus diambil untuk ketersediaan tenaga kerja kesehatan.
Australia merupakan salah satu negara yang sangat bergantung pada perekerutan tenaga kesehatan internasional(Crettenden et al. 2014). Bersama beberapa negara- negara berkembang lainnya yang juga tidak menyediakan tenaga kerja kesehatan secara swasembada, mereka sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja kesehatan. Sedangkan permasalahan yang dihadapi masing masing negara itu berbeda. Dalam hal ini Australia mencoba untuk tetap mempertahankan kondisi tenaga kerja kesehatannya dalam kondisi seperti ini. Sebab itu perencanaan tenaga kerja kesehatan untuk masa yang akan datang pemerintah Australia melakukan system proyeksi berdasarkan data tenaga kerja yang ada sekarang.
Berbagai metode digunakan untuk melakukan perencanaan tenaga kerja kesehatan. Salah satunya adalah seperti yang ditulis dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia karangan Prof.Dr.Wilson Bangun, S.E, M.Si yaitu "Metode Zero – Base Forecasting". Metode ini dalam merencanakan kebutuhan tenaga kerja di masa akan datang dengan menggunakan jumlah karyawan yang ada sekarang sebagai dasar untuk meramalkan jumlah karyawan yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Kebutuhan sumber daya manusia yang akan datang dapat diisi sesuai dengan kebutuhan. Kekosongan pada suatu posisi pekerjaan tertentu merupakan pertimbangan dengan menggunakan analisis yang mendalam untuk menentukan layak atau tidak posisi tersebut untuk diisi. Apabila suatu pekerjaan tertentu mengalami kekosongan akibat ditinggalkan pekerjanya tidak mempersoalkan karena pensiun, dipecat atau mengundurkan diri, kekosongan itu tidak diisi secara langsung. Tetapi, terlebih dahulu dilakukan analisis yang secara cermat apakah perlu dilakukan pengisian penggantian bila hal itu dibiarkan kosong bila tidak dibutuhkan. Suatu kemungkinan dapat dilakukan dengan melatih karyawan yang bertahan untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang kosong tersebut. Pendekatan lain dapat dilakukan melalui outsourcing, dan cara lain yang lebih tepat sebagai dasar penarikan sumber daya manusia.
Di Australia system kesehatannya mempercayakan tenaga kerja kesehatan pada keturunan asing.(Negin et al. 2013) Diharapkan intansi pendidikan kesehatan yang ada dapat memberikan solusi terhadapa permasalahan tenaga kerja kesehatan ynag dihadapi di Australia. Ini juga merupakan salah satu bukti bahwa sangat pentingnya membuat suatu proyeksi untuk pemenuhan tenaga kerja kesehatan dimasa yang akan datang, melalui ketersediaan tenaga kerja yang bersumber dari institusi pendidikan kesehatan.

Daftar Referensi:
Crettenden, I.F. et al., 2014. How evidence-based workforce planning in Australia is informing policy development in the retention and distribution of the health workforce. Human resources for health, 12, p.7. Available at: http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=3922608&tool=pmcentrez&rendertype=abstract.
Negin, J. et al., 2013. Foreign-born health workers in Australia: an analysis of census data. Human resources for health, 11, p.69. Available at: http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=3882294&tool=pmcentrez&rendertype=abstract.
Essa Nita Ceria
13/357560/PKU/14132


6th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering. Yogyakarta 7-8 October 2014, http://icitee2014.te.ugm.ac.id. Indexed by IEEEXplore.

No comments: