Sunday, May 4, 2014

Pengertian teori dan teori yang berhubungan dengan artikel “ Cost-effectiveness analysis of human resources policy interventions to address the shortage of nurses in rural South Africa ”

Nama : Indah Purnama
Nim   : 13/354334/PKU/13875

Pengertian teori dan teori yang berhubungan dengan artikel " Cost-effectiveness analysis of human resources policy interventions to address the shortage of nurses in rural South Africa "

 @ Pengertian teori menurut beberapa ahli sebagai berikut:
 
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, defenisi dan dalil yang saling berhubunganyang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
Labovitz dan Hagedorn mendefenisikan teori sebagai ide pemikiran "pemikiran teoritis" yang mereka defenisikan sebagai "menentukan" bagaimana dan mengapa variabel-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan.
Jonathan H. Turner, teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi
 Littlejohn  & Karen Foss, teori merupakan sebuah system konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut yang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena.
 Kerlinger, teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena
 Nazir, teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian'
Steven, teori adalah suatu pernyataan yang isinya menyebabkan atau mengkarakteristikkan beberapa fenomena.
Fawcet, teori adalah suatu deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.
 Travers, a theory consist of generalizations intended to explain phenomena and that the generalizations must be predictive. Teori terdiri dari generalisasi yang dimaksudkan untuk menjelaskan dan memperdiksi sebuah fenomena.

@@Teori yang berhubungan dengan artikel " Cost-effectiveness analysis of human resources policy interventions to address the shortage of nurses in rural South Africa "
Mylene Lagarde a,*, Duane Blaauw b, John Cairns c

Teori Efektivitas

Menurut Ravianto (1989:113) pengertian efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Ini berarti bahwa apabila suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya maupun mutunya, maka dapat dikatakan efektif.

Ndraha (2005:163) efisiensi digunakan untuk mengukur proses, efektivitas guna mengukur keberhasilan mencapai tujuan. Khusus mengenai efektivitas pemerintahan, Ndraha (2005:163) mengemukakan: "Efektivitas (effectiveness) yang didefenisikan secara abstrak sebagai tingkat pencapaian tujuan, diukur dengan rumus hasil dibagi dengan (per) tujuan. Tujuan yang bermula pada visi yang bersifat abstrak itu dapat dideduksi sampai menjadi kongkrit, yaitu sasaran (strategi). Sasaran adalah tujuan yang terukur, konsep hasil yang relatif, tergantung pada pertanyaan, pada mata rantai mana dalam proses dan siklus pemerintah, hasil didefenisikan. Apakah pada titik output? Outcame? Feedback? Siapa yang mendefenisikannya: Pemerintah, yang diperintah atau bersama-sama.

Benard (dalam Prawirosoentono, 1997:27) berpendapat "Accordingly, we shall say that an action is effective if it specific objective aim. It is efficient if it satisfies the motives of the aim, whatever it is effective or not" Pendapat ini antara lain menunjukkan bahwa suatu kegiatan dikatakan efektif apabila telah mencapai tujuan yang telah ditentukan,

Mengutip Ensiklopedia administrasi, (The Liang Gie, 1967) menyampaikan pemahaman tentang efektivitas sebagai berikut: Efektivitas adalah suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki, kalau seseorang melakukan suatu perbuatan dengan maksud tertentu yang memang dikehendaki, maka orang itu dikatakan efektif kalau menimbulkan atau mempunyai naksud sebagaimana yang dikehendaki.








6th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering. Yogyakarta 7-8 October 2014, http://icitee2014.te.ugm.ac.id. Indexed by IEEEXplore.

No comments: