Tuesday, April 29, 2014

Understanding Informal Payment in Healthcare ; Motivation of Health Workers in Tanzania

Kinerja merupakan penampilan secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang diberikan kepadanya, sehingga yang dimaksud kinerja perawat adalah penampoilan kerjanya dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien. Kinerja seseorang dipengaruhi oleh beberapa variabel antara lain variabel individu, variabel organisasi dan variabel psikologi, variabel tersebut saling mempengaruhi dan harus seimbang sehingga perawat dapat menunjukan kinerja yang baik.
Untuk lebih meningkatkan kinerjanya, perawat harus selalu diberikan motivasi, diberikan penjelasan tentang apa yang harus dikerjakan serta bagaimana cara meningkatkan prestasi kerja, sehingga dapat menyusun sasaran yang lebih spesifik dan mendorong karyawan agar mau melaksanakan tugasnya dengan baik yang akan merangsang untuk giat bekerja, motivasi dan menuntut komunikasi yang efektif. Pada perkembangannya motivasi dapat dipandang menjadi empat pendekatan antara lain :
1.       Pendekatan Tradisional
Dalam pendekatan ini, masih menggunakan cara yang paling efisien untuk pekerjaan berulang dan memotivasi perawat dengan system intensif upah, semakin banyak yang dihasilkan maka semakin besar upah yang diterima.
2.       Pendekatan Hubungan Manusia
Memotivasi perawat dengan memberikan kebutuhan social serta membuat mereka merasa berguna dan lebih penting.
3.       Pendekatan Sumber Daya Manusia
Dalam pendekatan ini, perawat diberikan motivasi oleh banyak factor, tidak hanya uang atau keinginan untuk mencapai kepuasan tetapi juga kebutuhan untuk berprestasi dan memperoleh pekerjaan yang berarti.
4.       Pendekatan Kontemporer
Pendekatan ini didominasi oleh tiga tipe motivasi : teori isi, teori proses, teori penguat.

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa motivasi akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dan penurunan tingkat perputaran dan absensi kerja. Dengan adanya motivasi maka seseorang akan merasakan kepuasan dalam bekerja sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan berpengaruh secara signifikan terhadap produktifitas kerja.


Nama             :  Betty Andiyarti
NIM                :  13/357520/PKU/14121
Minat             :  SDM Kesehatan

No comments: